Jagalah Harga Dirimu Wahai Perempuan

Harga diri seksual adalah bagaimana Anda memandang diri sebagai pribadi yang memiliki kesadaran seksual. Harga diri seksual menjadi bahan bakar api seks. Karena setiap wanita berhak bahagia, berhak memiliki kehidupan seks yang sehat.

Saat Anda melihat mata pasangan, apa yang Anda lihat di sana? Besar kemungkinan jawabannya adalah cinta, rasa hormat, dan dukungan.

Pernahkah Anda bertanya, apakah Anda pantas mendapatkan semua itu darinya? Menurut sexandahealthieryou.org, jawaban atas pertanyaan tersebut sangat penting bagi Anda, karena apa yang Anda rasakan tentang diri sendiri-harga diri Anda-memiliki peranan penting dalam kemampuan Anda memelihara hubungan dekat dan menikmati hubungan seksual seutuhnya.
Harga diri adalah kemampuan untuk melihat diri Anda mampu mengatasi berbagai tantangan hidup dan keyakinan bahwa Anda akan bahagia. Jika Anda tidak berpikir diri Anda berhak bahagia, maka Anda juga akan berpikir bahwa Anda tidak berhak memiliki kehidupan seksual dan sensual yang indah.

Makna harga diri seksual
Apakah Anda pikir Anda punya daya tarik seksual? Bagaimana Anda menilai diri saat berhubungan intim dengan pasangan? Semua itu menjadi poin perhatian harga diri seksual.
Idealnya, harga diri seksual Anda haruslah tinggi. Tapi, jika Anda pernah mengalami kekerasan fisik dan emosional, pelecehan seksual, dihina, dipermalukan, dan bentuk kekerasan lainnya, bisa jadi harga diri seksual Anda rendah.

Wanita dengan harga diri seksual rendah cenderung memiliki problem dengan seks dan kemungkinan besar mengarah pada perilaku seksual tidak aman, misal melakukan seks bebas dengan multiple partners.
Kalau Anda tak pernah mengalami hal tersebut, sementara harga diri seksual tetap rendah, maka alasannya mungkin karena pertambahan usia. Anda hidup di tengah masyarakat yang menilai usia dan kecantikan menjadi elemen penting dalam memperkaya pengalaman seks.

Kunci lain harga diri seksual yang tak kalah penting adalah bagaimana Anda menilai imej tubuh, terutama berat badan. Sebuah kajian yang dikeluarkan Duke University menemukan fakta, kelebihan berat badan pada wanita menjadikannya menilai diri tidak atraktif secara seksual, tidak percaya diri tampil bugil di hadapan pasangan, dan tak bisa menikmati setiap sesi percintaan.

Di samping itu, para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang memiliki disfungsi seksual juga cenderung memiliki harga diri rendah dan miskin hasrat seksual.
Mulai sekarang, peliharalah dengan baik nilai harga diri seksual dan imej tubuh Anda. Jadi, Anda bisa merasa sangat bergairah dan cantik saat berhubungan seks dengan pasangan. Tak peduli berat badan, warna rambut, atau trauma masa lalu Anda.

Mencari solusi bersama pasangan
Sayangnya, semakin kecil harga diri, maka kemungkinan semakin kecil pula mereka mencari treatment pengobatan. Karenanya, sangat disarankan bagi Anda untuk mencari solusi dari seorang terapis seks.
Temukan dokter yang bisa Anda percaya untuk berbagi cerita. Ajaklah pasangan sebab bercinta bukanlah semata masalah yang harus Anda pecahkan sendiri. Bercinta butuh kerja sama.